Join The Community

Tuesday, April 6, 2010

RAGAM PROGRAM UM UGM 2011

RAGAM PROGRAM UM UGM 2011

1.

SELEKSI NASIONAL

a. Penelusuran Bibit Unggul
  • Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)
    bagi siswa berprestasi yang tidak mampu secara ekonomi. Seleksi dilakukan melalui undangan secara nasional kepada para Kepala SMA di seluruh Indonesia untuk mengirimkan siswa cerdas yang tidak mampu secara ekonomi. Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2004. Semua peserta bebas biaya pendaftaran dan peserta yang diterima bebas biaya pendidikan 8 semester.
  • Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi dengan Beasiswa (PBUBB)
    bagi siswa SMA seluruh Indonesia pemenang olimpiade bidang ilmu pengetahuan tingkat nasional atau finalis tingkat internasional. Penelusuran dilakukan melalui seleksi berkas. Peserta yang diterima bebas biaya pendidikan 8 semester.
  • Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS)
    bagi siswa SMA seluruh Indonesia pemenang di bidang olahraga atau seni : juara I Kejurda atau Porda tingkat Provinsi; juara I Popsinas; juara I-III Kejurnas/PON; atau juara I-IV kejuaraan regional/internasional atau juara I-III kesenian tingkat nasional. Penelusuran dilakukan melalui seleksi berkas. Bagi yang lolos seleksi berkas wajib mengikuti tes keterampilan.
  • Penelusuran Bibit Unggul Pembangunan Daerah (PBUPD)
    bagi siswa SMA seluruh Indonesia dengan kemampuan akademik tinggi yang diusulkan dan dibiayai oleh Pemda, dinas-dinas pemerintah di daerah, institusi, dan/atau perusahaan yang kredibel di daerah. Penelusuran dilakukan melalui seleksi berkas.
b. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Informasi lengkap dapat dilihat di http://www.snmptn.ac.id

2.

SELEKSI MANDIRI UGM

  1. Ujian Tulis Penelusuran Bakat Swadana (PBS)
    bagi siswa dengan kemampuan akademik tinggi. Penelusuran dilakukan melalui seleksi berkas dan TBS.
  2. Ujian Tulis (UTUL)

Peserta PBS dapat mendaftar Ujian Tulis (UTUL) tanpa tambahan biaya pendaftaran dengan persyaratan dan kewajiban seperti pendaftar PBS.

Ujian tulis PBS, PBS+UTUL, dan UTUL dilaksanakan di Yogyakarta, Banda Aceh, Lhokseumawe, Pekanbaru, Batam, Palembang, Bandar Lampung, Jakarta, Tangerang, Cirebon, Semarang, Madiun, Balikpapan, dan Mataram.

0 comments:

Post a Comment